Modifikasi Booster DX  W9900/DX-W5000.

Tinggal di pelosok dengan medan pegunungan atau lembah merupakan tantangan tersendiri bagi kita penikmat siaran televisi. Betapa tidak ketika kita tinggal di kota, televisi hanya menggunakan antena indoor saja gambar nya sebening kaca. Kalau dikampung pakai antena seperti di kota, boro boro gambar, semut saja yang kelihatan. Suka dan duka nya hidup di pedesaan yang jauh dari relay pemancar televisi membutuhkan peralatan extra dalam praktek dilapangannya.

Bahkan banyak juga yang sudah menyerah akan sulit nya penerimaan siaran tv yang menggunakan UHF, mereka pindah ke siaran satelit menggunakan dish parabola. Memang gambar yang muncul sangatlah menjanjikan hanya saja kekurangan nya ternyata kalau nonton bola baik lokal atau luar negri siaran nya diacak tidak bisa di tonton.

Read More

Perlengkapan antena Tv di Pelosok.

Perlengkapan penerimaan televisi UHF agar gambar jernih tidak bersemut adalah menggunakan alat-alat sebgai berikut :

1. Antena UHF menggunakan antena yang panjang.

Antena penerima UHF gunakanlah antena yang panjang,lebih jauh anda dari relay pemancar maka lebih panjanglah antena yang digunakan.Antena yang admin gunakan adalah menggunakan antena merk Sigma dengan model SS300 sepanjang 3 meter.

2. Gunakan Booster UHF yang berkualitas bagus.

Booster Tv yang digunakan apabila kita lebih jauh dari relay pemancar maka booster harus mempunyai penguatan yang lebih,contohnya menggunakan penguatan RF sampai 4 tingkat transitor RF.Dipasaran booster Tv bermacam-macam ada yang dua transistor penguatan,ada yang tiga transistor penguatan,dan ada yang 4 penguatan RF.Contoh booster untuk yang jauh dari relay pemancar tv adalah DX 5000 dan DX 9900.Ciri ciri booster dengan 4 penguatan transistor adalah ada transistor 4 buah yang berjajar sebelah bawah dekat soket kabel ( lihat gambar di bawah).Kalau transistor yang ditengah atau atas adalah transistor penguatan bagian VHF bukan untuk band UHF.Hati-hatilah dalam memilih,harganya pun berbeda cukup jauh dengan yang lainnya.

BACA DI SINI :  Kerusakan Tv LED LG model 32LB550A suara bagus gambar gelap. 

3. Gunakan kabel dengan type 5C berkualitas bagus.

Kabel berpengaruh sekali pada penerimaan televisi menggunakan antena luar atau out door.Kabel yang sudah admin rasakan bagus adalah menggunakan kabel merk Kitani dengan harga 6 ribu rupiah.Kalau pun menggunakan ukuran yang panjang misalnya 20 meter maka kabel merk ini merupakan penghantar sinyal yang sangat bagus.

4. Tiang antena harus tinggi dan jangan terhalang bangunan atau pohon.

Tiang adalah hal penting dalam antena televisi UHF,posisi tiang antena tidak boleh terhalang bangunan atau pohon pohon yang rimbun,arahkan antena ke arah relay pemancar televisi atau pantulan gunung gunung tinggi.Karena pancaran televisi juga bisa memantul ke gunung gunung namun gambar pantulan kekurangan nya adalah kurang sempurna.Posisi antena UHF harus sedikit di angkat ujung depannya sekitar 5 derajat.Ujung depan antena UHF biasanya ditandai dengan bagian yang polos tidak ada aksesoris reflektor signal.

Baca juga : Pengalaman mengganti final radio Baofeng UV-5R disini.

Baca juga : Macam-macam kit power sound system yang teruji bagus di lapangan.

Modifikasi Booster TV merk DX 9900.

Kalau sudah menggunakan booster yang 4 tingkat penguatan seperti DX W-9900 ini dan gambar masih di rasa kurang bagus,kita bisa mencoba modifikasi komponen pada bagian RF nya di dalam booster.Transistor bawaannya pada DX9000 ini menggunakan transistor C3355.Transistor ini bentuk nya tiga kaki,transistor ini bisa di ganti dengan C3358 yang bentuknya kaya kupu-kupu atau empat kaki dan akan menghasilkan penerimaan atau gain yang lebih bagus.Contoh booster DX W- 9900 yang sudah di modifikasi ada di gambar dibawah ini :

Tentunya untuk contoh pemasangan dan posisi transistor bisa di ukur mana bagian C,B dan Emiter nya.Kaki yang diukur tersambung adalah bagian emiter (E).Atau agan bisa melihat posisi tulisan nomor C3358 ini pada gambar.

Perhatian :

Jangan sentuh kumparan atau lilitan yang didalam booster,biarkan posisinya seperti semula.

Gunakan transistor C3358 yang original jangan yang lokal.Hasil akhir mempengaruhi kalau transistor benar benar original Japan.

Dan menurut yang admin rasakan pengaruh nya pada hasil signal gambar yang diterima lebih bagus dan lebih jernih,apabila kita menggunakan receiver digital UHF ( DVBT2) gambar yang dihasilkan tidak cekot-cekot pada layar tv.

Itulah pengalaman admin yang sederhana ini mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua.