Perbaikan Power Supply Ballast Neon UV Depot Air Minum.

Menyambung artikel sebelumnya tentang neon UV depot air minum yang mengalami kerusakan pada neon UV nya bisa anda baca disini, dan pada kali ini juga kasusnya sama, namun kerusakan nya lebih disebabkan karena tidak stabilnya power supply elektronika tersebut.

Baru saja beberapa hari di ganti neon UV sudah mengalami kerusakan lagi, dengan harga neon UV merk Osram berkisar sekitar 135 ribu, tentunya terasa memberatkan kalau beberapa hari sudah mengalami kerusakan kembali.

Pengusutan penyebab neon UV selalu mengalami kerusakan disebabkan oleh ketidak stabilan tegangan dari rangkaian ballast elektronik yang memberikan supply tegangan ke neon UV tersebut, itu juga menurut analisis saya ya gan, kalau salah dikoreksi karena kerusakan neon UV bisa disebabkan juga oleh faktor lain seperti karena pemakaian sudah lama, serta kurang berkualitas nya kabel instalasi neon, dan juga faktor tegangan listrik yang tidak stabil yang masuk ke Ballast elektronik tersebut.Kalau listrik PLN yang kurang stabil bisa diakali dengan cara menggunakan Stavolt.

Ini dia penampakan rangkaian Ballast yang sudah rusak akibat pemakaian yang sudah lama. Kelihatan sekali elko elko sudah pada menggembung, komponen seperti transistor regulator sudah kelihat menghitam.

Berapa harga rangkaian Ballast elektronik untuk neon UV depot air minum?
Harganya lumayan terjangkau berkisar antara 20 ribu sampai 30 ribu rupiah tergantung daerah masing masing.

Merk yang umum digunakan adalah merk Samsen model SS-40 dengan kisaran power 40 watt, tegangan arus 0,18 ampere.

Karena sudah beberapa kali mengganti neon UV depot air minum dan selama setahun sudah melakukan pergantian hampir 4 kali, dan dalam setahun sudah menghabiskan Ballast elektronik sejumlah dua buah, maka dalam kesempatan kerusakan yang ke 5 kalinya akhirnya diputuskan mengganti rangkaian Ballast elektronik tersebut menggunakan Ballast trafo yang menggunakan starter kapasitas dengan kisaran 40 watt.

Rangkaian yang sederhana hanya menambah starter neon dan trafo Ballast dan menggantikan ballast sebelumnya yang elektric akhirnya beres juga dan dilakukan pemasangan. Dan hasilnya melihat cerah dan terangnya neon UV tersebut kelihatan sekali perbedaannya.

Yang sebelumnya menggunakan rangkaian Ballast elektronik kelihatan redup,dan setelah diganti trafo Ballast kelihatannya lebih terang.

Ini dia penampilan gambar rangkaian Ballast yang sudah diganti menggunakan trafo Ballast merk Philips 40 watt, masih bisa dipasang walaupun berdesakan didalam box kontrol tegangan neon UV tersebut.

Tentunya cara pemasangan atau instalasi trafo ballast bisa kita lihat dibadan trafo tersebut. Ada skema instalasi yang di tempel dan sangat sederhana sekali.

Kekurangan setelah diganti oleh trafo ballast adalah, indikator box kontrol led nya sedikit berkurang variasinya, led berjalan yang kelihatannya bergerak cepar, setelah diganti trafo menjadi sedikit lambat. Sebetulnya bisa diakali dengan mengganti resistor umpan dari rangkaian neon ke rangkaian kontrol led variasi tersebut. Namun kalau admin tidak mengganti resistor tersebut, dan membiarkan saja seperti itu karena led kontrol masih bisa berjalan walau sedikit lambat, tinggal adjust potensio untuk mengatur kecepatan led tersebut.

Dan setelah diganti dan sudah ditest sampai 6 bulan akhirnya bisa dirasakan neon UV tersebut awet bahkan hanya dengan neon yang lebih murah dari osram yaitu merk In-Lite 30W,sampai artikel ini saya posting kedunia blogger.

PERHATIAN : Hindari kontak mata ke neon UV yang sedang menyala, lindungi mata anda dari sinar UV.

Itulah catatan kami tentang perbaikan ballast neon UV yang mengalami kerusakan dan mengatasi sering rusaknya neon UV di depot air minum tersebut.