Pengalaman Mengganti Laher / Bearing Mesin Penggilingan Padi Ichi.

Tak terasa hampir dua tahun menggeluti dunia penggilingan padi,suka dan duka suatu pekerjaan tentunya berbeda cerita namun kesan kesannya pastilah sama,dalam usaha penggilingan padi dengan menggunakan mesin pengggilingan seperti merk Agrindo dan mesin pemoles beras yaitu Ichi.

Kedua mesin ini sebetulnya sangatlah kuat,terbukti walau membeli bekas dari pemakai lama.Dipemakai lama pun sudah lama pula dipergunakan,namun mesin ini ternyata masih dalam keadaan baik serta masih memberikan hasil.

Apa saja yang sering diketemukan kendala dalam mesin penggilingan padi tentunya adalah hal hal kecil seperti pemeliharaan yang tentunya wajib kita perhatikan sepanjang waktu.Seperti diantara adalah tertulis didalam artikel ini.
Mesin giling padi ichi.
Skema mesin giling padi.
Artikel mesin penggiling padi .
Laher mesin penggiling padi Ichi.
Bearing mesin penggiling padi Ichi.
Oli Seal mesin penggiling padi Ichi.
Catatan pemeliharan serta kerusakan mesin penggilingan padi.

Mesin penggilingan terakhir ( Polysher / Mesin pemutih beras) adalah salah satu blok mesin yang jangan lupa harus dilakukan pemeliharaan,selain pisau saringan dan bearing serta oli seal adalah beberapa komponen yang tentunya harus rutin kita periksa dan uji kelayakannya,karena dibagian mesin akhir ini kualitas beras yang digiling akan sempurna.

Dibawah ini adalah catatan tentang pengalaman perbaikan mesin Polysher atau mesin pemutih beras dengan kerusakan pada bagian bearing atau laher.

Laher atau bearing dibagian ini harus rutin diperiksa,karena kalau oli seal nya bocor bisa menyebabkan dedak masuk kedalam bearing dan bisa menyebabkan macetnya bearing atau laher dan bisa merusak dudukan bearing dan tentu saja mengganggu pekerjaan.

Ciri ciri bearing rusak adalah terdengar gemerutuk atau berguruhnya putaran as roda di mesin Polysher yang bermerk Ichi ini.

Kalau kita buka akan kelihatan peluru peluru yang sudah aus dan goblak,ini tentunya jangan dibiarkan karena akan tidak stabilnya as putaran dimesin tersebut.

Bearing di as atau sumbu ini ada dua buah dan yang sering diketemukan rusak adalah dibagian terdalam bodi mesin Ichi ini.
Buka dahulu bagian pisau dan saringan baru kemudian buka bagian bearing luar serta tentunya bearing yang bagian dalam.

Buka dulu mur pengunci untuk memudahkan pembongkaran,perhatikan ketika melakukan pembongkaran awal tersebut,jangan sampai keliru nanti apabila melakukan pemasangan bearing yang baru .Bisa difoto dahulu,atau digambar dahulu biar pemasangan nanti tidak susah.

Oli seal walaupun kelihatan masih bagus disarankan diganti,karena kalau seal dan ring palstik nya sudah aus maka dedak atau sekam akan masuk ke laher atau bearing ini.

Baca juga : Cara memulai usaha mesin penggilingan padi serta merk mesin dipenggilingan padi disini.

Berapa harga oli seal dan laher /bearing di mesin Ichi penggilingan padi ?

Harga bearing dengan kode 1210K rata rata seharga 90 ribu rupiah untuk satu bearing,harga oli seal dengan nomor TC 157012 harga sekitar 15 ribu rupiah,dan ring plastik seharga 5 ribu rupiah.

Jangan lupa beri gemuk atau pelumas untuk bearing baru tersebut.
Itulah sekilas tentang cara pemeliharaan dan pergantian laher atau bearing di mesin penggilingan padi merk Ichi.Mudah mudahan ada manfaatnya.