Pengalaman memperbaiki subwoofer Polytron

Dalam kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengalaman tentang perbaikan sebuah active subwoofer keluaran pabrikan terkenal yaitu active subwoofer merk Polytron PSW 500i.

Memang dalam problemnya sih biasa biasa saja,tapi tak ada salahnya apabila sebuah catatan ini menjadi sebuah referensi bagi para teknisi lainnya yang sedang menggarap kasus atau barang yang masalahnya sama.

Read More

Sebagaimana kita ketahui Polytron selalu unggul mengenai kualitas suara yang selalu dihasilkan oleh pabrikan Polytron ini,suara bass yang lembut,menggema serta cocok dipakai di rumah.Banyak para pemakai yang sulit beralih dari merk Polytron ini,selain suara nya bass yang enak,empuk suara bass nya sangat kuat sampai terasa menghentak jantung kita.

Penghasil suara kit rangkaian aktif Subwoofer Polytron PSW 500i ini spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  1. Active subwoofer Polytron
  2. Audio power 50 watt.
  3. Frekuensi response 20-80 Hz.
  4. Model active subwoofer PSW 500i.
  5. Konsumsi tegangan 25 watt.

Rangkaian active subwoofer Polytron ini adalah :

Tegangan atau power supply-nya menggunakan kit AC matic bukan adaptor trafo.Dengan data alat alat yang digunakan menggunakan alat sebagai berikut :

7N65 dan atau yang sejenis sebagai transistor fet regulator.

Tegangan out yang dihasilkan sebesar 18 volt non CT,atau nol.

Rangkaian power amplifier atau penguat suaranya menggunakan IC power STA 540 ( STA540) atau bisa juga diganti dengan TDA 7377.Jadi persamaan ic STA 540 adalah TDA 8377.Begitu juga sebaliknya.Suara yang dihasilkan ic power ini sangatlah baik serta jernih sekali dengan kisaran daya tegangan tahan sampai maksimal 24 volt,normalnya menggunakan 18 volt sebagai tegangan yang disarankan.

BACA DI SINI :  Info Menarik Mengenal Lebih Jauh Rangkaian Driver Power Yang Bagus Untuk Sound System.

Keluhan active subwoofer Polytron yang admin pernah kerjakan adalah :

Suara drop.Lampu power led berwarna merah berkedip kedip bahkan sampai padam ketika suara muncul dengan suara bass yang terputus putus.

Ketika dilakukan pengukuran tegangan out menuju power amplifier tegangan turun naik ketika suara tidak ada tegangan mencapai 30 volt dan ketika suara masuk tegangan drop sampai 8 volt.

Analisa pertama :

Kerusakan pada bagian power supply-nya yang menggunakan ac matic.
Power supply subwoofer.

Baca juga di sini : TIPS MEMBUAT BASS DI POWER AUDIO KENCANG DAN EMPUK
Baca juga di sini : CARA MEMBUAT SALON AKTIF DENGAN TONE PINOKIO

Penanganan setelah dilakukan pengukuran diketahui bahwa :

  1. PC 817 opto coupler nya rusak atau tidak berfungsi.
  2. Setelah dilakukan penggantian PC 817 dengan nomer sejenis akhirnya suara Subwoofer Big Bass ini kembali normal.
  3. Tegangan pun stabil dikisaran 18 volt tanpa turun naik.

Alhamdulillah akhirnya tulis nota dan siap siap dikasihkan kembali kepada yang punyanya.Itulah sekilas tentang pengalaman perbaikan active subwoofer merk Polytron yang kasusnya suaranya terputus putus serta lampu indikator nya drop menyala berkedip kedip bahkan mati.Mudah mudahan ada manfaatnya bagi kita semua sesama teknisi.

Tips apabila suara subwoofer Polytron suaranya pecah atau ngagebeeer.

Sebagai tambahan bagi para pemakai active subwoofer merk Polytron ini perhatikan dari kelayakan sekrup atau baud baud atau istilah nya sekrup tutup belakang.Apabila suara subwoofer Polytron ini terdengar pecah atau ber beran alias ngagebeerr istilah sundanya maka dipastikan sekrup baud baud ada yang rusak atau karatan dan menyebabkan kurang kencangnya tutup belakang ke bodi utama subwoofer merk Polytron ini.

Lakukan pergantian sekrup atau baud dengan yang baru.Apabila sekrup atau baud lama susah dicabut,maka buatlah lubang baru dengan cara dibor dan tutup lubang yang lama dengan lem bakar atau sejenis untuk menutup lubang bekas baud tersebut.Suara akan terganggu bahkan jadi jelek apabila tutup belakang kurang rapat ke bodi utama.Suara pecah ngagebeeerrr serta bass yang tak menyentak atau bahasa sundanya tidak jeduug jeduug maka dipastikan tutup ini bermasalah pada baudnya.Jangan sepelekan baud atau sekrup tersebut.

BACA DI SINI :  Catatan Pengalaman Memperbaiki Aktif Polytron PAS 79.

Tambahan terakhir:

Tutuplah lubang besar tepatnya disisi bagian dalam dengan Ram nyamuk dari kawat.Pasang kuat kuat untuk menghalangi jika ada tikus masuk kedalam rangkaian subwoofer Polytron ini.Abaikan hal tersebut apabila sudah dari pabrikan nya terpasang ram tersebut.

Sudah ya,sudah malam mau rehat dulu sobat.