Bingung cari IC Pengganti AC Matic Receiver,baca disini gan !!!!

Ac Matic atau power supply receiver parabola ( DVB) sering sekali mengalami kerusakan baik itu karena petir,pemakaian sudah lama dan lain sebaginya.

Tentunya banyak sekali jualan alat dvb satu kit ac matic tersebut untuk menggantinya,namun bagaimana dengan teknisi teknisi yang rajin dan sanggup memperbaikinya?

Read More

Hampir semua teknisi mampu untuk memperbaikinya,tergantung keuletan kerajinan seorang teknisi tersebut,tetapi namanya juga manusia sering sekali kita malas,entah jenuh ,cape dan lain sebagainya.

Dibawah ini beberapa kerusakan di ac matic atau power supply receiver parabola / ac matic dvb tergantung akibat kerusakannya.

Akibat pemakaian atau umur receiver parabola :

Elko elko yang sudah menggelembung,kapasitasnya berkurang,kakinya karatan dan menurun kualitasnya.Contohnya yang sering terjadi elko bagian ac matic ini rusak adalah 1000 UF/10V untuk vcc 3,3 volt,47 uf /50v yang dekat IC driver,100 uf 35volt vcc 20 volt.

Tahanan atau resisitor dengan ukuran 1M ohm keatas sampai 2,2 M.Ini biasa nya memberikan tegangan umpan ke kaki IC driver.

Kerusakan akibat lain seperti petir,kena air dan lain sebagainya :

Ini yang rusak bisa apa saja,contohnya IC Driver,PC 187,dioda 3,3 volt dioda AC,bahkan sekring dan juga trafo switching juga pernah mengalami kerusakan.

Receiver matrix kena petir

pengganti ic thx203h.

Pengganti ic DH321.

Persamaan Ic receiver parabola.

Dalam kesempatan kali ini admin menulis catatan tentang skema IC IC driver yang sering dipasang di ac matic/power supply receiver parabola,mungkin ini berguna apabila kita mau mengganti dengan jenis lain yang rangkaiannya ada kesamaan.

Bahkan persamaan aisi ini bisa dijadikan patokan kita mengganti,khusus bagi teknisi yang rajin ya…hehe.Maap ….

DH321 ( persamaan IC DH321 ).

Dibawah ini gambar ic ac matic dengan type DH321 yang biasanya DH321 ini menggunakan trafo switching yang jenis lilitannya sedikit beda dengan ic lainnya,kalau IC lainnya dipasang di trafo switching ini biasanya tegangannya akan drop.Maka berhati hatilah apabila IC driver dengan nomor lain dipasang dirangkaian ac matic receiver yang ic driver awalnya adalah DH321.

IC THX203H.

Persamaan IC ac matic receiver THX203H bisa dengan DH321,atau juga 22A(K21934).Tentunya untuk kaki pinnya beda harus dilakukan modifikasi.

Gambar dibawah ini atau disamping ini IC nya bisa dirubah menggunakan IC DH321,Viper 22A(K21934) dan lain sebagainya,dengan mengikuti skema tentunya.Rangkaian power supply receiver yang awalnya menggunakan IC THX203H ini biasanya akan bisa diganti dengan ic driver ac matic lain.

IC Viper 22A(JD1322).

Persamaan Viper 22A(JD1322) adalah DH321)ampere nya sama hanya beda rangkaian atau jalurnya jadi harus dimodifikasi..

 

 

IC Viper ini amperenya sama dengan IC DH321 yaitu lumayan besar,jadi hanya Viper 22A(JD1322) ini yang hanya bisa mengganti kit power supply ac matic yang IC driver awalnya DH321.

Tapi kalau dipasang ke rangkaian ac matic lain selain DH321 bisa saja digunakan hanya saja berhati hati,karena pengalaman pernah tegangannya melonjak,entah kenapa,kurang begitu ditelusuri penyebabnya.

IC Viper 22A(K21934).

Persamaan bisa menggunakan DH321,THX203) hanya beda rangkaian atau jalurnya jadi harus dimodifikasi.

Aisi 22A(K21934) ini amperenya sama dengan THX203,tentunya harus dilakukan modifikasi mengingat pin pin kaki Ic nya berbeda.

Itulah sebagian IC ac matic receiver dalam catatan admin,apabila ada kekurangan atau ada pengalaman lain silahkan berbagi cerita di komentar.

Mengenai persamaan DH321,Persamaan Viper22A,Persamaan THX203 dan lain sebagainya,dan apabila menemukan persamaan IC yang sama persis identik tanpa harus modifikasi silahkan berbagi sebagai sesama teknisi ya gan…