Mengatasi Polytron Slim Tegangan Over Atau Berlebih..

Sering sekali kasus tegangan over atau tegangan melonjak di TV Polytron slim terjadi,dan dialami oleh teknisi seperti kita.Tentunya akibat dari tegangan over atau tegangan lebih di Polytron Slim adalah akan rusak nya beberapa bagian yaitu IC Vertikal, elko elko ,driver horizontal,Tr Out Horizontal bahkan bisa sampai flyback pun rusak.

Tentunya sebelum kita melakukan pergantian pada alat alat yang rusak diakibatkan kelebihan tegangan VCC out 110 volt,tentunya kita wajib menelusuri penyebab dari over nya tegangan vcc out 110/125 volt tersebut.

Read More

Tegangan lebih khususnya vcc out 110 volt yang menuju ke flyback Polytron slim ini bisa disebabkan oleh bermacam macam faktor,tapi dalam hal ini ane akan berbagi pengalaman keseringan atau kasus yang umum ditemukan tegangan over di tv Polytron Slim pada khususnya atau Polytron type biasa yang lain nya.

Alat TL 431 ( berkaki 3 ) dan PC 817 ( berkaki empat ) Opto-Coupler ( entah apa nama
aslinya ),area ini sering terjadi dimana rangkaian sekitar alat ini sering terjadi kerusakan yang mengakibatkan tegangan over atau tegangan berlebih di tv Polytron Slim.

Dan di area ini juga yang menyebabkan sering nya tegangan drop,tentu saja area ini harus selalu jadi perhatian para rekan rekan teknisi sekalian karena akibat nya akan fatal dan bisa menyebabkan kerusakan di televisi Polytron Slim ini akan bertambah.

BACA DI SINI :  Cara Membuka Kunci Tombol Aktif Tv LG.

Dan kerusakan over tegangan di out vcc 110 volt ini bukan melulu karena kerusakan TL431 dan PC817 saja melainkan resistor resistor diarea tersebut sering rusak dan molor ukuran nya,kita perhatikan saja pada kaki no3 di TL431 ini terhubung dengan resistor dengan hambatan yang nilai nya besar.
Dan resistor ini sering putus bahkan bisa dibilang hampir sering terjadi kerusakan dibagian resisitor ini.
Periksa satu satu dengan teliti lebih di ukur dengan cara diangkat dahulu dari solderan nya.
Tentunya dengan ketelitian tentunya kerusakan resistor di area ini biasa nya dengan ukuran 100k ohm keatas akan dapat ditemukan pengukuran yang akurat.

Dan setelah dipastikan pengecekan alat alat diarea tersebut,maka waktunya dilakukan test tegangan,jangan lupa cabut dahulu jalur yang menuju ke flyback,jaga jaga apabila nanti tegangan masih over atau melonjak di tv Polytron slim ini tentunya tidak menimbulkan kerusakan baru di area alat yang lain.

Tips : Apabila melakukan pergantian transistor Horizontal seperti C 6090 atau C 6092 apabila menemukan transistor C 6090 pengganti yang cepat panas bisa dipastikan bukan original,lebih baik diganti saja dengan jenis lain seperti transistor TT 2190 atau yang lain nya.

Tegangan over di tv polytron,tegangan berlebih di polytron,penyebab kerusakan tegangan berlebih di polytron.

NB : Hanya berbagi pengalaman.