PENYEBAB SPEAKER TOA MESJID SERING JEBOL.

Speaker TOA,istilah lain nya adalah speaker membran ( istilah orang sunda) banyak sekali dipergunakan oleh mesjid mesjid dan juga dipergunakan di berbagai kegiatan lain nya yang tentunya mengharuskan ada penguatan suara seperti kampanye,acara 17 Agustusan dan lain sebagai nya.

Mesjid dengan megah nya biasa nya selain pemasangan sound audio di dalam ruangan,tentunya hampir semua mesjid memasang speaker TOA untuk pengeras suara nya.

Sebagai seorang tehnisi tentu nya sudah tak asing lagi dengan speaker yang satu ini,mulai dari speaker membran TOA yang berwarna biru yang diketahui sebagai speaker TOA generasi lama namun mawih banyak yang bertahan dengan kekuatan yang awet.

Dan speaker TOA yang berwarna putih yang sebagaimana kita ketahui merupakan generasi baru dari speaker TOA ini,yang merupakan pengganti dari speaker TOA membran berwarna biru.

Beberapa perbedaan fisik antara speaker TOA model lama dan baru.
Warna.

Dari warna nya ini kita sudah bisa memastikan itu speaket TOA baru atau yang lama.
Magnet.

Apabila kita membuka speaker TOA akan bisa diketahui ada 2 jenis magnet.Magnet speaker TOA varian lama menggunakan magnet seperti telur dipotong dua bagian.

Magnet speaker TOA yang keluaran baru berbentuk lingkaran dengan cincin magnet warna hitam sebelah luar.

Didalam kenyataan nya ada speaker TOA yang berwarna biru tapi sudah ada yang menggunakan magnet berbentuk lingkaran dengan cincin magnet yang berwarna hitam.Ini diketahui sebagai generasi awal perubahan ke speaker TOA jaman sekarang.

  1. Spul TOA / DIAPHRAGM.
  2. Spul TOA polos tanpa dudukan.
  3. Spul TOA pakai dudukan.
  4. Spul TOA tanpa dudukan menggunakan packing kertas dua biji.

Sedangkan spul TOA yang pakai dudukan tidak memerlukan packing kertas melainkan langsung menggunakan dudukan plastik.

 

Cara merakit amplifier TOA agar suara kencang.

Baraya opreker bariwisata, di bawah ini ada beberapa komponen di dalam amplifier rakitan untuk speaker TOA yang harus diperhatikan untuk menghasilkan suara yang di inginkan,salah satunya adalah :

1. Tone control.

Rangkaian ini adalah pengatur frekuensi output suara dalam hal ini yang dibutuhkan adalah tone control yang menghasilkan suara middle high.

Maka tone control yang tepat adalah tone control yang ada potensio middle nya.
Walaupun untuk membuat potensio middle ini tidak terlalu sulit dan bisa kita lakukan sendiri, karena hanya ada tambahan beberapa komponen saja.

Namun dalam kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu kit rangkaian jadi yang ada dipasaran dengan merk Ranic.

Kit rangkaian tone control plus middle merk Ranic dengan type 504 ini sudah di beri potensio middle dalam tone kontrol tersebut, dan tentunya sangat cocok untuk membuat amplifier rakitan untuk speaker TOA.

Pengalaman admin dalam merakit amplifier rakitan untuk speaker membran dan didalamnya menggunakan rangkaian tone control plus middle type 504 buatan Ranic , suara yang dihasilkan lebih lantang dan jangkauan suara membran TOA lebih jauh.

Tegangan yang dibutuhkan dalam rangkaian tone control plus middle type 504 buatan RANIC ini berkisar antara 12 sampai 25 volt.
Harga tone control ini sangatlah murah sekitar 15 ribu rupiah.

Melihat dari komponen yang ada di dalam rangkaian tone control plus middle dengan type 504 ini sebenarnya mirip dengan tone control type 007 hanya yang membedakan nya adalah ada tambahan potensio middle, kapasitor 472 dan resistor.

Ya tone kontrol type ini sangat dibutuhkan dalam merakit sebuah amplifier untuk speaker membran karena tentunya karakter suara membran TOA adalah middle yaitu suara vokal yang lantang dan terdengar sampai jarak yang jauh.

2. Power Amplifier.

Untuk power amplifiernya bisa menggunakan kit OCL 150 watt atau juga power lain yang ada dipasaran, dan tentunya harus disesuaikan dengan daya speaker TOA tersebut.

3. Effect echo.

Untuk menghaluskan suara vokal diamplifier rakitan untuk speaker TOA lebih bagus lagi kalau menggunakan rangkaian super digital reverb type RE. 025 yaitu echo reverb 7 potensio. Rangkaian echo ini suara nya hampir mirip alesis dan tentu nya sangat bagus untuk suara yang berkualitas untuk speaker TOA.

Itulah salah satu rangkaian yang wajib diperhatikan untuk membuat amplifier rakitan yang memaksimalkan suara middle agar menghasilkan suara speaker TOA yang lantang dan jangkauan suara yang jauh.

Selamat berjumpa lagi baraya opreker bariwisata kali ini admin disambil membahas tentang wisata tentu saja akan sedikit demi sedikit berbagi pengalaman opreker elektronik yang menjadi aktivitas admin dalam sehari hari.

Untuk tour wisata dalam saat ini di pending dahulu berhubung cuaca dalam musim penghujan yang sedikit nya menjadi kurang nyamannya di perjalanan.

Beberapa pengguna atau pemakai membran speaker TOA mengeluhkan sering rusak nya spul speaker TOA tersebut.Walaupun sparepart atau spul TOA ini banyak dan dijual dengan harga sekitar 40 ribu sampai 50 ribu, namun kalau keseringan spul TOA jebol ya repot juga gan…

Dan bahkan menurut beberapa testimoni pemakai speaker TOA, kalau speaker TOA nya sudah pernah ganti spul katanya suara menjadi tidak normal seratus persen,tidak terlalu lantang atau keras seperti semula.

Kemungkinan besar penurunan kualitas suara speaker TOA setelah ganti spul adalah kurang presisi nya pemasangan spul ke dalam tempatnya.

Bagaimana cara mengatasi sering rusak nya spul speaker TOA ini dan dengan cara di atas tidak teratasi ??

Sebenarnya banyak faktor penyebab sering rusaknya spul pada TOA.
Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak seimbangnya power out sebuah amplifier dengan speaker TOA. Contohnya kalau amplifier dengan daya maksimal 100 watt. Maka secara hitung hitungan maka speaker TOA yang dipasang harus 4 buah dengan daya tercantum 25 watt per satu speaker TOA.
Kalau hanya dipasang satu speaker tentu saja akan hancur gan dalam satu hentakan.

2. Kalau amplifier kita menggunakan satu paket, contohnya amplifier merk TOA dan daya out amplifier sama dengan speaker TOA misalnya out amplifier maksimal 25 watt dan speaker TOA daya maksimal 25 watt, tapi  masih saja diketemukan speaker membran TOA ini rusak, maka bisa dipastikan kualitas kabel dari amplifier ke membran TOA berkualitas buruk. Gunakan kabel dengan serabut tembaga yang banyak dan besar. Contoh merk kabel yang bagus adalah merk Sinar dengan ukuran 2 x 50 watt.

3. Kalau amplifier kita rakitan dan rangkaian didalam amplifier tersebut tidak menggunakan trafo impedansi, contohnya seperti amplifier yang menggunakan rangkaian OCL 150 watt , maka di wajibkan dipasang trafo impedansi.
Trafo Impedansi tersebut dipasang dan disimpan di dalam speaker membran TOA, tepatnya di belakang magnet speaker.

Belilah trafo impedansi untuk speaker TOA dengan kisaran antara 100 ribu sampai 150 ribu rupiah.

4. Kalau dalam keadaan darurat tidak ada trafo impedansi, bisa di siasati untuk sementara pasang elko dengan ukuran 470 uf 50 volt sampai  maksimal ukuran 1000 uf 50 volt di dalam speaker TOA.

Apabila melakukan pergantian spul perhatikan apakah spul tersebut lem lem nya kuat atau tidak,ciri spul toa yang bagus adalah fisik nya kekar bentuk nya dan kuat lem nya.

Merakit amplifier untuk speaker mesjid atau membran TOA tentu harus selalu memperhatikan kualitas suara yang cenderung suara yang lantang,kencang dan jangkauan suara speaker TOA tentu harus jauh.

Salah satu caranya adalah  mengedepankan kualitas middle dan memaksimalkan suara vokal dengan tujuan menghasilkan suara yang lantang dan tentunya hal ini sangat layak digunakan sebagai amplifier mesjid untuk adzan dan lain sebagainya.

Dalam hal perakitan untuk karakter amplifier yang cenderung bass tentu bisa diabaikan dalam pembuatan amplifier untuk speaker membran khususnya merk TOA.

Tips lainnya :

5. Tips lainnya adalah diusahakan menggunakan amplifier yang didalamnya sudah dipasang trafo impedansi seperti amplifier buatan pabrik yaitu amplifier merk TOA, amplifier merk National dan lain sebagainya.

6. Belilah speaker TOA yang daya watt nya 50 watt, yaitu model ZH – 652M adalah contoh speaker TOA dengan daya 50 watt.

Dan di speaker model ini didalamnya sudah terpasang trafo impedansi. Untuk memastikan ada trafo impedansi dan detailnya spesifikasi speaker tersebut bisa dilihat di buku panduannya atau bisa ditanyakan langsung pada penjual.

Itulah beberapa tips atau cara modifikasi speaker TOA agar spul nya awet tidak gampang rusak.

Mudah-mudahan setelah kita melakukan proses sedikit modifikasi maka di harapkan spul speaker TOA  yang kita pasang akan lebih kuat tidak gampang jebol.

NB : hanya pengalaman pribadi,spul TOA yang lumayan teruji walaupun lokal adalah merk NALAE atau NARAE.Karena fisik lumayan kuat dan kekar.Ketika spul merk nalae polos tak pakai dudukan bisa dipasang menggunakan bekas dari dudukan plastik bawaan spul toa yang asli nya.