Cara Mengatasi Sinyal Lemah Indosiar Dan SCTV Di Parabola.

Awal Agustus 2016 ini bagi para pengguna reciver MPEG2 parabola tentunya sedikit terganggu dengan penurunan signal Indosiar dan SCTV di parabola khusus nya di mpeg2.

Banyak para pengguna parabola bahkan sampai tidak bisa menangkap atau menerima sama sekali signal Indosiar dan SCTV di receiver khususnya yang masih MPEG2.Penurunan tersebut hampir dirasakan oleh semua pengguna parabola di seluruh Indonesia.

Didalam kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengalaman bagaimana cara memaksimalkan signal Indosiar dan signal SCTV yang hilang di parabola yaitu perhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Sebelum nya pastikan dahulu channel frekuensi Indosiar dan SCTV ini adalah: 03999/H/8500 satelite Palapa.
  2. Setelah cocok atau setelah di masukan baru kita maksimalkan penerimaan signal nya di dish parabola.
  3. Sediakan kunci kunci buat buka baud sesuai dengan ukuran nya.
  4. Kalau parabola nya sudah lama dan sudah mulai berjamur sediakan sikat cuci dan air yang di campur detergen atau sabun rinso atau sejenis untuk membersikan ram dish parabola.
  5. Perhatikan batang batang dish serta lingkaran dish apakah masih presisi atau tidak.Kalau ada bengkok dan kurang presisi lingkaran nya ini sangat berpengaruh pada signal yang didapat dari satelit.
  6. Perhatian juga letak dan LNB apakah tepat ketengah tengah dish atau tidak karena bisa saja kurang tepat dipemasangan LNB akan mempengaruhi juga pada penerimaan signal khususnya yang signal minim.
  7. Kabel yang menyambung kan receiver ke LNB juga di periksa, karena apabila sudah kemasukan air dan sudah cacat akan mengakibatkan signal yang lemah tidak bisa maksimal di terima.Gunakan kabel yang berkualitas bagus dengan bahan tembaga asli untuk mencegah karatan.

 

Baca juga di sini : DAPTAR HARGA HARGA RECEIVER PARABOLA ( DVB MPEG 2 DAN DVB MPEG 4 ) (update April 2015 )

Baca juga di sini :

Untuk memaksimalkan signal Indosiar dan Signal channel SCTV di parabola yang kebetulan pada saat ini sedang lemah adalah dengan cara sebagai berikut :

Untuk arah parabola tidak akan afa perubahan karena channel channel lain dipastikan sudah ada.Untuk lebih memudahkan nantinya tandai arah parabola tersebut biar tidak terlalu jauh bergeser.Tentunya pasang tv monitor untuk memantau signal.Ratakan ram dish parabola dengan menggesek nya dengan ujung obeng.

Cucilah ram dish parabola untuk menghilangkan kotoran dan jamur.

YA syukur syukur sampai mengkilap ya.

Lihat lah apabila lubang bawah LNB jika tutup nya sudah rusak atau tidak ada perhatikan apa ada hewan kecil yang bersarang di sana.Pernah suatu kasus ada sarang lebah entah apa namanya dan sarang nya seperti tanah dan menutup signal pantulan yang di dish parabola.

Update terbaru 2017 :

Beberapa hari belakangan ini kita seringt lemah sekali,walaupun hal ini sering terjadi hanya dibeberapa wilayah saja , contoh nya sinyal Indosiar diterima di Jawa Barat bagus,tetapi kalau di Sumatra lemah sekali,begitupun sebaliknya.Keadaan signal parabola satelit khususnya transponder

SCTV dan Indosiar ini yang lemah ini lebih parah apabila kita menggunakan receiver parabola MPEG2.

Sinyal Indosiar dan SCTV MPEG2 ini lebih lemah daripada signal Indosiar MPEG4.

Baca juga di sini : Frekuensi Trans 7 ,Trans Tv,ANTV Dan Net Tv Terbaru Palapa Agustus 2017
Banyak pengguna parabola sekarang ini yang mengeluhkan lemah nya signal Indosiar dan SCTV karena di bulan Februari dan Maret 2017 ini sedang disiarkan nya acara sepakbola Piala Presiden 2017 dan kebetulan hak siar nya dimiliki oleh Indosiar dan SCTV dan kebetulan juga lagi skip signal dan hampir disetiap pertandingan bola dilaga piala presiden,gambar yang diterima cret cret seperti kaset DVD rusak,bahkan disebagian pengguna parabola tidak didapatkan signal sama sekali.

Baca juga di sini : Frekuensi Baru Untuk Channel RCTI MNCTV GTV Di Parabola

Beberapa trik cara mengatasi lemah nya sinyal SCTV dan Indosiar ini adalah dengan cara adjustment atau memperbaikinya dengan cara cara sebagai berikut :

Dish Jaring Parabola.
Merapihkan jaring dish parabola dengan cara menggunakan benda tumpul dan seret seret dengan ujung benda tumpul jaring tersebut biar menjadi rata,jangan lub lob,lakukan sampai rapi.
Perhatikan presisi nya parabola.
Bersihkan parabola menggunakan air sabun,apalagi kalau sudah berlumut.
Pasang kembali dan setel posisi parabola sampai didapatkan sinyal tertinggi.

Dish Solid / Dish buta.
Perhatikan apakah dish ini sudah berkarat? Kalau berkarat tentunya harus dibersihkan menggunakan amplas,serta lakukan pengecatan kembali.
Kalau sudah pada bolong,tentunya dish ini akan sangat sulit kembali untuk normal.

Kabel Coaxial 5C.Kabel Parabola ke Receiver.
Kalau kabel sudah tidak layak lagi lebih baik diganti.Ciri ciri kabel sudah tidak layak,kabel nya berwarna hitam,lapisan alumunium foil sudah hilang atau jelek,lebih baik diganti saja,apalagi kalau sudah kemasukan air.
Cek diujung konektor,kalau sudah berkarat atau hitam lebih baik di ganti saja.

LNB.
Cek LNB satu persatu apakah terminal konektor nya,kalau sudah berkarat lebih baik ganti saja.
Apabila lubang bawah tidak menggunakan tutup,cek didalam lubang tersebut,apakah ada hewan hewan kecil yang suka bikin sarang disana.Tentunya hal ini sering menggangu kualitas dari tangkapan sinyal parabola.

Frekuensi Indosiar dan SCTV pada bulan April 2017 akan pindah frekuensi ke :

Frekuensi terbaru Indosiar April 2017 MPEG2 DVBS.

Dan mulai tanggal 20 April 2017 frekuensi Indosiar dan SCTV MPEG2 pindah ke 3835 H 7000.

Baca juga di sini : Frekuensi Terbaru Indosiar dan SCTV April 2017.
Adjust / tracking arah atau posisi parabola ke satelit palapa lakukan dengan hati hati dan cermat sampai menemukan arah yang tepat.

Apabila tangkapan sinyal masih rendah,geser tiang LNB ( Fokus) baik keatas kebawah,maupun kekiri kekanan sampaqi didapati sinyal terbesar.

Mungkin sekian saja beberapa tips menaikan signal Indosiar dan SCTV apabila ada yang kurang silahkan ditambah dengan berbagi pengalaman di komentar.

Sebagai tambahan Frekuensi Indosiar MPEG4 ( Network ) :

3756 H 6250 ( INDOSIAR/SCTV/O CHANNEL )

Indosiar Mpeg2 : 3998 H 8500.( INDOSIAR/SCTV/O CHANNEL ).

Dan mulai tanggal 20 April 2017 frekuensi Indosiar dan SCTV MPEG2 pindah ke 3835 H 7000.

TAG : Indosiar sinyal lemah.Indosiar di acak. Frekuensi Indosiar dan SCTV.

Setelah dirasa yakin semua nya normal coba pasangkan dan arahkan ke satelit seperti biasa nya.Cari signal terbesar yang mungkin masih bisa kita dapatkan.Selamat berjuang.