Receiver Parabola Tidak Ada Signal.

Receiver parabola merk goldsat ini ternyata setelah dii hidupkan ternyata tidak ada signal,baik kulitas maupun kuantitas,padahal tegangan LNB 18 volt nya ketika dilakukan pengukuran bagus.

Sedikit mengusap kepala sobat ,betapa tidak karena sebelum diketahui receiver ini hilang signal,ac matic nya juga rusak total.Wah receiver merk Goldsat ini ternyata hampir 60 persen mengalami kerusakan,kemungkinan besar receiver Goldsat ini kena petir.

Kalau Ac matic atau bagian power supply nya sih banyak sparepart nya,tapi kalau sudah menyangkut RF waduh repot.

Mending kalau kanibalan nya ada,coba kalau tidak ada,wah repot.

Ya deh ngga apa walau cara penyelesaian nya dengan cara kanibalan,hehe maklumlah board bekas receiver mpeg2 merk Goldsat ini bisa dikatakan lumayan banyak stok.


Proses pencarian IC RF yang sama pun ku lakukan,dengan cara mengamati satu persatu board bekas yang ku miliki.

Setelah sekian banyak board yang di amati akhir nya ku menemukan salah satu board yang menggunakan IC RF yang sama,tanpa basa basi lagi di bongkar nya IC ini dengan hati hati sekali,maklumlah hanya ada stok satu.

Setelah sekian lama pemasangan nya,riskan juga sih ya maklumlah IC ini bisa bisa mati gara gara kepanasan solder.

Untuk penampakan IC RF merk Goldsat ini lihat di gambar gan…

Colokan tegangan di amati layar panel depan receiver goldsat ini dan bray signal pun muncul normal,ternyata kanibalan juga bisa dapat uang juga ya,asal sparepart nya emang pas saja dengan apa yang di butuhkan.Ini hanya sekedar pengalaman saja gan,iseng iseng sambil tiduran menulis pengalaman tadi siang tentang mengatasi receiver merk Goldsat tidak ada signal.

Oh iya beberapa minggu kebelakang juga ane pernah ngalamin perbaikan receiver Tanaka tidak ada signal dan juga perbaikan receiver Matrix yang sama hilang signal juga,cuman yang sukses adalah receiver Matrix saja yang kembali normal,berhubung kalau yang Tanaka IC RF nya tidak ada yang sama di board bekas koleksi ane.hehe.