Seputar Perbaikan Tv Sharp X-pression.

Perbaikan atau service Tv Sharp X-pression bisa dikatakan susuah susah gampang.Kenapa dikatakan begitu,?

Susah karena beberapa komponen nya seperti resistor kapasitor sudah dipasang dibawah PCB dengan bentuk yang kecil kecil,terkadang kita sebagai teknisi sudah sedikit ketar ketir melihat komponen yang kecil kecil seperti ini,tapi jangan pesimis seperti itu juga kali karena kabar baik nya pabrikan bisa memastikan komponen yang dipasang di bawah PCB ini kemungkinan rusak nya sangat kecil,,jadi kita jangan dulu pesimis kalau menemukan komponen komponen seperti ini.

Read More

Terus gampang nya dimana ya ? Menurut para master elektronika dan berbagai pengalaman teman teman sesama teknisi,perbaikan Tv Sharp sekarang ini hanya tinggal memperhatikan titik titik proteksi di mesin Tv ini,titik titik proteksi ini bisa di gunakan untuk test dimana letak kerusakan yang sesungguhnya.

Jadi misal nya ketika salah satu titik proteksi misal nya titik proteksi di bagian vertikal di angkat / atau di cabut terus tv kemudian menjadi menyala,maka bagian vertikal itulah yang harus di periksa,misal nya elko tahanan dan lainnya ada yang lemah,kalau alat yang lemah sudah ditemukan maka cek lagi dengan pasang lagi solderan titik proteksi,nyalakan lagi tv kalau tv menyala dalam keadaan titik proteksi dipasang maka dipastikan komponen yang bermasalah sudah diketemukan.

Dan yang harus diperhatikan jangan karena tv sudah menyala ketika titik proteksi diangkat,kita tidak menelusuri alat yang lemah atau yang rusak nya,karena titik proteksi hanya untuk memastikan bagian itu yang rusak,bukan alat proteksi nya yang harus di cabut.

Oh iya kita kembali lagi ke masalah perbaikan Tv Sharp X-pression ini,komponen mana saja yang sering sekali rusak atau melemah,dengan mengacu pada titik titik proteksi tentunya.Catatan ini di rangkum dari pengalaman sendiri dan juga pengalaman sesama teman teman tehnisi lain tentunya.

Permasalahan kerusakan tv sharp protek nya adalah ditandai dengan led menyala hijau sekian detik kemudian merah kembali.Terkadang gambar di tv sharp ini tidak sempat muncul dilayar karena tv akan kembali standby lagi.Tv sharp menyala kemudian standby lagi gitu berulang ulang ketika tv di hidupkan.

Beberapa komponen yang harus di periksa ketika tv sharp ini hidup kemudian standby lagi adalah :

TITIK PROTEKSI TV SHARP XPRESION model 51X200

Titik Proteksi D 604. Cek Elko 4,7 uf 50 volt ( C602 ) ,1 uf 50 volt ( C603). R 614 ( 100K ).

Titik Proteksi D 607 Cek R 605 dan R 653.

Titik Proteksi D 601 Cek ABL dan komponen lain nya.

Titik Proteksi D 203 Cek tegangan tuner Zener dan lain nya.

Datasheet mesin tv sharp Xpresion,alat alat apa yang digunakan di Tv sharp Xpresion ini :

Flyback Sharp Xpresion 21 inchi : BSC 21-2647S. ( FO 229PE )

Pin kaki flyback BSC 21-2647S. ( FO 229PE )

1_ ABL.

2_ HEATER.

3_GND

4_180 VOLT

5_AFC

6_14 VOLT

7_24 VOLT

8_GND

9_VCC 110 VOLT

10_ C ( HORIZONTAL)

Komponen lainnya yang sempat di catat adalah :

IC VERTIKAL STV 9302.

IC SOUND AN 17810A.

IC DRIVER REGULATOR : TEA 1507P.

Kerusakan yang sering terjadi di Sharp Xpresion ini kebanyakan di titik proteksi D 604 ( bagian heater ) dan D 607 yaitu elko 4,7 uf 50 V dan R 100 K / 180 K serta satu TR di sebelah nya untuk nomor nya lupa hehe.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga titik titik yang lain juga memang seharus nya di periksa.Itulah sekilas seputar perbaikan tv sharp X-presion ini mudah mudahan bisa melengkapi artikel artikel teman teman lain nya dan tentunya sangat indah berbagi dan membantu melancarkan pekerjaan kita tentunya.

Tv Sharp standby,Tv sharp hidup sebentar mati lagi.