Perbaikan Printer Brother Mati Total Model DCP-J140W

Perbaikan printer Brother DCP-J140W dengan kerusakan mati total.

Semakin banyak konsumen penggunan printer yang satu ini,ya printer Brother mulai di kenal dan sedikit demi sedikit menyaingi produk sebelumnya seperti Canon,Epson yang sudah lama menjadi idola para pengguna.

Dalam kesempatan kali ini saya tak akan membahas kelebihan atau kekurangan dari printer Brother,tetapi hanya berbagi pengalaman salah satu pekerjaan saya dalam mengatasi kerusakan mati total printer Brother ini.

Menurut yang empunya printer BrotherDCP-J140W ini kerusakan nya adalah terdengar suara bletak di dalam printe brother ini,lalu kemudian printer nya mati total tak bergening alias matot.

Langsung menuju TKP..( tempat kerusakan printer )..hehe,yaitu dengan berusaha membongkar nya,karena diagnosis pertama tentunya kerusakan pada bagian power supply di printer Brother ini.Yang tentunya sebelumnya memastikan dahulu sekering pengaman nya putus atau tidak.Letak sekering pengaman nya ada di samping soket AC listrik di sisi kanan printer.Cara membongkar nya,menggunakan obeng min yang kecil dengan cara mencongkel nya,lakukan dengan hati hati.

Baca juga di sini : Cara Reset Epson LX 300.
LANGKAH PERTAMA PEMBONGKARAN PRINTER BROTHER DCP-J140W.

Tata cara membongkar Printer brother ini adalah sebagai berikut :
Lepaskan dahulu kabel fleksibel yang menghubungkan mainboard utama ke bagian scanner di sebelah atas nya,hati hati membongkarnya karena bisa menyebabkan sobek dan tentunya menjadi permasalahan tersendiri nantinya kalau sampai sobek.Dan jangan lupa satu kabel lagi menuju ke bagian atas yaitu scanner.
Buka turup atas bagian depan yang ada tombol fan layar display printer Brother ini,baud nya ada 3 buah,simpan baud baud tersebut jangan sampai hilang,he.
Buka hati hati soket scanner di bagian engsel belakang scanner tersebut dengan cara mencongkel.nya.Simpan dan amankan bagian scanner dan kabel kabel nya jangan sampai salah nyimpan hehe.

Buka baud utama printer dengan ciri baud ini terlihat lebih besar dari yang lain nya.Baud ini tersebar di belakang di tengah dan di depan.


Buka penutup printer bagian tengah,maka akan terlihat mesin,mainboard dan komponen lain nya.


Karena kerusakan printer ini mati total maka tentunya perhatian tertuju pada bagian power supply nya yang terletak di bawah dan langsung bersambung ke soket listrik.
Buka baud pengait dari power supply atau ac matic printer brother DCP-J140W ini sebanyak 3 buah yang akan terlihat dari lubang bagian atas.

Setelah itu ambil bagian power supply nya dari bagian bawah dan kemudian membuka pengaman nya,yaitu plat kaleng atau logam.

Itulah cara cara membuka printer Brother ini.

LANGKAH DUA ADALAH PERBAIKAN BAGIAN AC MATIC ATAU POWER SUPPLY DARI PRINTER BROTHER DCP-J140W INI.

Langkah pertama saya tentunya mengecek sekering karena sekering ini ternyata terdapat dua buah,setelah itu dioda,dan tentunya Transistor Regulator berjenis FET dengan nomor SK 3565.Dan akhirnya di temukan lah kerusakan nya yaitu pada bagian transistor FET ini yaitu transistor SK 3565.

Transistor nomor ini bisa saja di ganti dengan SK 3566 yang sering di gunakan pada power supply printer Epson.Langkah selanjutnya adalah menambah solderan apabila kelihatan ada yang longgar atau terkelupas,maklum kan area ini bisa panas juga.Setelah dilakukan pengecekan kembali akhir nya saya rasa sudah tidak ada lagi yang rusak maka kemudian dinyalakan dan akhirnya printer Brother DCP-J140W ini hidup kembali dan normal.

Daptar komponen yang rusak adalah :
Transistor FET regulator SK 3565/ bisa di ganti dengan SK 3566.

Sekering pengaman ada dua buah,Satu di luar dekat plug AC,kedua di mainboard power supply.

TIPS :

Apabila baru saja dilakukan penggantian dan Transistor ini jebol kembali bisa diakibatkan selain kualitas pengganti yang jelek maka biasa nya Trafo switsing nya sudah melar alias short sedikit.Maka gunakan part asli yang berkualitas kalau sudah di ganti yang bagus masih mati,maka bisa juga di sebabkan komponen lain yang kecil kecil seperti resistor,kapasitor,elko bahkan yang sudah pernah terjadi adalah lemah nya trafo switsing,solusi nya adalah mengganti satu blok,atau juga bisa modif dari printer merk lain seperti power supply HP,Canon,bahkan Epson dengan cara merubah nya dan dipasang diluar kalau memang didalam tidak memungkinkan.Karena tegangan out nya sangat mirip.

Tag,,Cara memperbaiki printer Brother mati total.Cara memperbaiki printer Brother tidak menyala.Cara memperbaiki power supply brother.Cara membuka printer brother,langkah langkah membuka printer brother.

Mudah mudahan share ini ber manfaat bagi kita semua.