Perbaikan tv lcd polytron bagian PSU.

Siang siang dapat order tv LCD merk POLYTRON dengan kerusakan standby lama lama lampu indikator nya pun mati pula.Tanpa pikir lama lama lagi langsung pada tahap bongkar dan bongkar baud cassing yang begitu banyak..cape juga ya baraya….hihi.

Baca juga : Polytron NEW CINEMAX GENERATION disini.

Baca juga : pengalaman perbaikan service polytron 32″ model PLM 32T16 disini.

Setelah selesai bongkar lalu perhatian tertuju pada power supply alias PSU Tv LCD POLYTRON ini.Secara kasat mata tidak ada yang mengcurigakan karena tidak ada tanda tanda hiyam seperti terbakar atau kena petir.

Setelah di lakukan pengukuran di dapati tegangan 5 volt untuk pemasok Mainboard pun ternyata drop hanya di dapati 0,8 volt saja.

Tegangan 24 volt untuk pemasok panel monitor pun hanya berkisar di antara 5 volt saja.

Setelah melakukan pengukuran alat alat atau komponen yang di PSU ini tidak di temukan kejanggalan yang berarti.

Semua alat yang di curigai telah di lakukan pengukuran seperti transistor mosfet atau fet..TL 431 juga sudah di xoba di ganti masih juga tetap tidak bergeming.Dioda dengan ukuran sama tidak ada reaksi.

Setelah di telusuri lebih lanjut dengan berbekal kopi susu kesukaan ku akhir nya di ketemukan juga kejanggalan yaitu tatkala pengukuran di tegangan out 24 volt ternyata bersambungan langsung dengan pin out yang Tegangan 12 volt.

Ternyata 12 volt pin out nya di supply dari 24 volt dengan cara di turunkan pakai ic regulator yang 8 kaki.Dan ketika di ukur ic ini koslet alias rusak.

Kebingungan terjadi ketika sms yang empunya toko langganan admin.

Ternyata komponen ini tidak tersedia,entah barang baru entah gimana.

Yah sudah kudiamkan dulu beberapa hari tidak di kerjakan dahulu.

Bersambung….

Setelah tersimpan beberapa hari akhir nya tv lcd ini di kerjakan kembali,dan di coba merubah nya dengan menurunkan tegangan secara berjenjang dari 24 volt kemudian 15 volt lalu 12 volt.Dengan menggunakan ic AN 7815 dan 78012 akhirnya tv pun bisa berpungsi tanpa terkendala.

Alhamdulillah..mudah mudahan berkah.