TIPS MEMBUAT BASS DI POWER AUDIO KENCANG DAN EMPUK

Tips membuat bass mantap,kencang dan empuk

Mempunyai sistem audio dengan power standar tapi menghasilkan suara bass yang kenceng agak susah memang,bisa di bilang susah susah gampang,kenapa bisa dibilang begitu.

Read More

Tonton juga video tape mobil jadul di modifikasi jadi pemutar dvd dan dapat di tonton video nya di mobil.

Karena suara bass identik dengan power yang besar,speaker yang bagus,tegangan suply yang stabil.Sebuah amplifier rumahan dengan skala power sekitar 150 sampai 300 watt,ketika bass nya di naikan terkadang suaranya malah ngdrop,ada juga yang suara bass nya pecah,kenapa itu bisa terjadi?

Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk sebuah amplifier 150/300 watt adalah trafo yang dipergunakan di usahakan diatas 10 Ampere.
Karena Trafo ini menentukan baik dan buruk nya suara yang dihasilkan,terkadang ada juga orang yang keliru,transistor out ditambah misal tadinya 4 biji ditambah sampai 8 buah bahkan 16 buah.

Tapi trafo hanya menggunakan 5 ampere,tentu hal yang mubadzir , transistor penguat tersebut tidak akan tersuply tegangan normal,jauh dibawah standar.

Maka tips pertama adalah belilah trafo diatas 10 ampere untuk sebuah amplifier 150/300 watt,pergunakan elko minimal 6800 uf 80 volt,disarankan ukuran 10000 uf 80 volt,yang tentunya elko ini harus yang berkualitas bagus,karena banyak sekali elko yang ada dipasaran nilai kapasitas tidak sesuai dengan tulisan yang ada di badan elko tersebut.

Mintalah elko yang kualitas bagus,pasti yang empunya toko pasti tahu,mana yang bagus mana yang abal abal.

BACA DI SINI :  SEPUTAR RADIO TRANSCEIVER MERK FIRSTCOM

Selalu gunakan dioda kotak atau bahasa saya sendiri dioda bright,,tau bener tau tidak,,hehehe,,ukuran nya antara 25 A sampai 35 A.

Dan tips selanjutnya pergunakan transistor power dengan kualitas yang bagus semisal yang standar nya TIP 2955/3055 buatan malaysia (ST) SC 5200 atau transistor OCL merk mexico,kalau mau lebih bagus gunakan transistor jenis sanken kualitas no 1,jangan kw kw an,,sayang kan sepanjang pemakaian harus sering service pergantian komponen.

Tips selanjut nya penggunaan tone kontrol,rangkaian yang satu ini tak kalah penting nya,selain pemilihan potensio yang bagus contoh potensio merk Alpha,juga pilihlah rangkaian yang menggunakan turbo bass, atau giga bass,biasa nya rangkaian yang bagus menggunakan IC baik itu C4558 atau yang lain nya.

Kalau untuk tone kontrol yang standar,murah berkualitas tapi ada fitur bass nya adalah merk pinokio,merk ini lumayan bagus bahkan sering menjadi pilihan kebanyakan teknisi.

Tips terakhir gunakan kabel kabel yang berdiameter besar untuk sambungan dari dioda trafo dan transistor .Dan jangan lupa pasang rangkaian protektor speaker untuk jaga jaga jika output ada yang korslet sekaligus menjaga speaker dari hentakan ( suara duug ) tegangan ketika pertama kali di hidupkan.

Dan gunakan speaker yang berkualitas contoh nya ACR,ADS dll,yang tentunya kualitas speaker seiring dengan harga,lebih mahal speaker lebih bagus juga kualitas nya.