SEKRING BOX DAN MCB 10 AMPERE

Sekring box ( sekring batu ) adalah salah satu alat pengamanan instalasi listrik di rumah kita apabila terjadi hubungan arus pendek listrik (korsleting listrik)

Alat ini mutlak di pergunakan,karena akan berakibat berbahaya seperti kabel meleleh atau bahkan sampai terjadi kebakaran apabila alat ini tidak berpungsi sebagaimana mestinya.Hati hatilah dalam penggunaan alat ini jangan sampai mempergunakan ukuran ampere yang tidak sesuai dengan jaringan instalasi listrik rumah kita.

Contoh apabila sekring ukuran 6 ampere tetapi kabel yang dipergunakan berpenampang kecil maka otomatis sekring ini tidak akan berpungsi dengan benar,maka solusi nya apabila kabel instalasi dibawah berpenampang mimim misal dibawah 1,5 mm,maka gunakan lah sekring ukuran 2 ampere,walaupun itu berakibat sering putus nya sekring apabila ada pemakaian beban berlebih ,tapi ini akan jauh lebih aman daripada menggunakan sekring berampere besar.

Untuk lebih aman nya gantilah seluruh kabel yang ada dirumah dengan kabel berdiameter 1,5 atau lebih untuk daya 450 watt.Dan kabel 2,5 mm untuk daya 900 watt keatas,dengan catatan kabel ini harus berstandar SNI,contoh merk Sigeru dan Lestari.

Hati hatilah dalam pembelian sekring,sesuaikan dengan daya dirumah anda,contoh kalau daya 450watt maka sekring yang dipergunakan harus 2 ampere,kalau daya 900 watt sekring yang dipergunakan adalah 4 ampere.Juga perhatikan merk sekring jangan beli yang asal asalan,sama harus berlogo SNI,contoh merk ber SNI seperti Broco.

Terus apa itu MCB ? MCB ( Mini Circuit Breaker ) adalah alat pemutus tegangan apabila ada beban tidak normal,seperti terjadinya arus pendek arus listrik

Alat ini populer dipergunakan untuk menggantikan sekring box yang sudah mulai ditinggalkan,seiring dengan marak nya penggunaan KWH digital maka alat ini menjadi salah satu pilihan untuk pengamanan dirumah kita. Gunakan lah MCB 10 Ampere ( C 10 ) jangan ukuran lain..
Selain pemasangan yang lebih gampang daripada sekring box alat ini lebih praktis ketika terjadinya korslet maka kita tidak perlu mengganti MCB,cukup hanya dengan membalikan tombolnya kembali.

Mudah bukan..?