PERBAIKAN TV POLYTRON U SLIM (u SLIM ) model PS 52UV230

PERBAIKAN TV POLYTRON U SLIM (u SLIM ) model PS 52UV230

Kemarin ada pelanggan yang mengeluh bahwa TV polytron nya standby saja,tak mau nyala.Dipijit power di remote dan program di TV pun tak ada reaksi berkedip sekalipun di led standby nya.

Langsung saja aku periksa ,pertama kali transistor regulator dan horizontal ,flyback JF 0501-19577 hasil nya sepertinya tidak ada masalah.Penelusuran berlanjut ke ic vertical pun susah di cari karena tegangan tidak bereaksi ketika di pijit tombol power di remote atau tombol P+.di panel depan TV.

Langsung saja ada pikiran masalah ada

di IC program nya yang kebetulan memakai IC (aisi) HBT -04-003G, maaf kalau salah karena nomor yang tertera di badan IC tersebut kecil nyaris tak terlihat,kenapa berpikir IC program nya bermasalah ? karena control power di pijit tak ada reaksi sedikitpun ,baik itu tegangan bagian 110 volt nya atau pun tegangan 50 volt nya di bagian driver,tetap saja ngdrop.

 

POLYTRON 21 INCHI

Penelusuran berlanjut ke tegangan 5 volt yang memberi tegangan ke bagian IC program yang di pasang di bawah PCB.Ukur di ukur ternyata normal.Tapi kenapa di pijit power tidak ada reaksi?
Saya pikir nih IC program HBT-04-003G tidak bekerja.Karena ketika aku pijit tombol power,tegangan di kaki basis transitor T 506 yang berguna untuk menghidupkan TV dari control IC program tidak berpungsi.

Yakin sudah bahwa IC program HBT -04-003G nya bermasalah.

Apa aku ganti IC program ini dengan yang baru,ach susah maklum di kampung,di ganti mesin cina,wah sayang ini TV masih baru.Bingung juga sobat.

Baca juga : Penyebab regulator polytron terus-terusan jebol.

Sudah ku coba, IC memory aku ganti,tetap saja tak bergeming,tetap diam tidak mau hidup.

Hmmm,ku coba aku ukur tegangan di setiap kaki IC program,dan percobaan aku berlanjut dengan mengganti kristal yang ada tulisan 8000 mungkin mhz kali yaa,,hehe,,cari di laci dan di mesin bekas,kebetulan ada di bekas mesin tv sanyo tetapi ukuran nya 12000.Ya apa salah nya di coba,wong tv nya nya mati ko,ngga akan ada resiko,hehehe.

Pas di pasang ,dipijit power langsung ada reaksi berkedip dan tegangan di basis T 506 bereaksi, wah ada sedikit perubahan ni,ada hasil nya dikit,tapi sayang TV nya masih tidak mau nyala,cuman bereaksi sebentar,bingung lagi dan pasti bingung terus.

Tapi kalau menyerah kaya nya bukan saat nya,maklum lagi ada sepi pekerjaan,ku coba lagi penelusuran di lanjutkan,cari cari lagi kristal yang lain,dapat juga ukuran yang ada tulisan 4000, ah apa salah nya di coba,langsung saja di pasang ,dan langsung bereaksi suara flyback menjerit,langsung di cabut tegangan,pikiran ku ini masih terpaku pada bagian IC program,belum mencoba ke bagian lain,nanti lah ku coba setelah di IC program sampai mentok…

Di kaki kaki kristal ini ada kapasitor 47 PF,ku coba di ganti dengan kapasitor ukuran 33 PF, dan ku coba lagi di hidupkan,ajaib nya …..TV pun hidup normal, heran campur bahagia,ko bisa ada kerusakan di bagian kristal tersebut,dan aneh nya kristal bekas nya yang ukuran 8000 pun di pasang kembali TV tetap bisa hidup,padahal sebelum nya tidak bisa.

Saya kurang mengerti teori di IC program tersebut,entah kenapa kristal tidak bisa bekerja,tapi setelah di ganti dulu dengan kristal yang lain,kristal bekas nya bisa bekerja kembali dengan normal.
Susah mencari penjelasan atau teori tentang itu,maklum saya belajar elektronika otodidak,tapi apa salah nya saya sharing di sini,mungkin sobat sobat sekalian ada pekerjaan yang persis saya alami.Apa salah nya di coba,jangan terburu buru ganti IC program.

CATATAN…

Mungkin juga sama gejala kerusakan nya tapi bisa beda penyelesaian nya dan komponen yang rusak pun bisa berbeda .