PENGALAMAN MEMPERBAIKI ( SERVICE ) RECEIVER MATRIX STARLINK V HD + ETHERNET YANG TEGANGAN LNB NYA HILANG. ( NO SIGNAL )

PENGALAMAN MEMPERBAIKI ( SERVICE ) RECEIVER MATRIX STARLINK V HD + ETHERNET YANG TEGANGAN LNB NYA HILANG. ( NO SIGNAL )

Baru saja beres perjuangan memperbaiki receiver matrix starlink v hd ethernet ini,dan sekarang lagi di coba di nyalakan takut masih ada kendala.

Walaupun aku bukan orang ahli dalam service,tapi apa salah nya share ,ya minimal dijadikan sebuah kenang kenangan buat di baca lagi oleh aku di kemudian hari.

Pertama kali yang punya nya receiver ini bilang bahwa receiver nya ini kemasukan air melalui

kabel coxcial dari LNB,mungkin ada kabel bocor di luar atau rembesan dari konektor LNB yang kemungkinan tidak menggunakan pelindung.

Setelah ku periksa pertama kali ketemu power suply nya rusak,Ac matic nya ini output nya ada 2 tegangan 5 volt dan 20 volt ( perkiraan itu juga,,hehehe.

Yang jadi kendala trapo switsing nya juga kelihatan nya terbakar hangus ,apalagi aisi regulator nya,hancur tak tersisa,mau beli aisi regulator nya susah karena nomor nya sudah tidak bisa di lihat, terpaksa aku cari alternative lain dengan mengganti satu kit ac matic tersebut.

Dan permasalahn nya aduh semua ac matic yang ada di rumah semua nya tidak cocok,pada beda semuanya,rata rata tegangan yang utama nya 3,3 volt yang tersedia di rumah,sedangkan yang di butuhkan untuk matrix starlink ini adalah 5 volt untuk yang utama,20 volt untuk tegangan LNB.

Terpaksa aku cari alternative lain yaitu ac matic untuk DVD player yang kebetulan tegangan utama nya adalah 5 volt.Cuman permasalahan nya tegangan 20 volt nya tidak ada,setelah di amat amati ternyata di kit rangkaian ac matic DVD ini ada tegangan 12 volt + dan tegangan 12 volt -.Ach dari pada lama mending di rombak saja nih tegangan 12 volt yang pola CT di buat jadi pola 0 ( nol.) Kan lumayan hasil akhir nya jadi 24 volt,masih ada toleransi buat tegangan LNB.

Walaupun sedikit agak lama tapi lumayan hasil nya memuaskan,dan tegangan 5 volt pun tersedia,serta tegangan 22 /24 volt juga ada, hasil dari pengukuran avometer tentunya.

Setelah itu ku pasang kan ke mpeg utama receiver starlink v ini,,hasil nya menu muncul normal biasa ,cuman signal tidak ada,setelah di teliti sekian lama ternyata tegangan LNB tersebut putus di aisi saklar 13 volt dan 18 volt yang berguna untuk menaikan turun kan tegangan untuk polarisasi LNB.

Aisi nya rusak,bingung lagi brow…..nomor aisi nya saja sudah tidak ada,,tak kelihatan.
Kecil lagi ,besar nya sama dengan aisi memory nya,yang kebetulan sama 8 kaki.
Kemungkinan aisi ini rusak karena korslet oleh air yang masuk ke kabel coxcial.

Pikir di pikir aku ingat aisi ini kegunaan nya sama dengan aisi LM 317 yang suka ada di receiver parabola yang lain,dan banyak di gunakan.

Kuputuskan untuk merubah nya,karena kalau untuk mencari atau membeli kayanya sulit.maklum di kampung. Setelah mengamat amati rangkaian aisi LM 317,akhirnya ketemu juga cara merubah nya..

Hanya menambah resistor 220 ohm di pasang ke kaki aisi LM 317 tersebut di samping memasang tegangan output dan input nya .

Dan Alhamdulilah akhir nya receiver pun berjalan normal kembali,horizontal vertikal nya tidak bermasalah,switch LNB 1,2 ,3 ,4 nya pun normal.

Rasa bersyukur aku panjatkan kepadaNYA,yang telah memberikan kemudahan,,,

Hanya sekedar share saja,,karena aku bukan teknisi ahli dan juga bukan ahli bahasa, minta maaf kalau kata kata nya sedikit tidak enak di baca,,,hanya berusaha dengan peralatan dan kemampuan se ada nya…..