PENGALAMAN DALAM PERBAIKAN STAVOLT RUSAK

Pengalaman dalam perbaikan stavolt rusak dan tentu saja cara mengganti peralatan apa saja yang sering jebol di stavol.

Sudah beberapa hari stavolt yang biasa di gunakan rusak,tadi nya malas untuk memperbaiki nya,rencana nya mau beli lagi yang baru.
Tetapi karena berangkat ke kota masih lama,ku putus kan untuk memperbaiki nya.

Setelah casing nya ku buka,terpangpang komponen banyak yang hangus,beruntung dulu sempat juga buat catatan untuk komponen stavolt, eh bener juga ada ada gunanya .

Stavolt ini mrnggunakan Transistor 8550 dan 8050 serta transistor FCS 9012 dan 9013 pertama aku ganti,namun ada juga yang mengunakan transistor dengan nomor lain.
Namun admin lupa lagi berapa type nya,tapi yang jelas komponen ini ber basis di tengah.

Kalau transistor yang basisnya di sisi seperti C945,C828,D400 dan lain sebagainya.

Dan transistor yang dipasang di stavolt ini berjenis NPN dan juga PNP,jadi berhati-hatilah jangan sampai tertukar,karena bisa menyebabkan terbakarnya transistor tersebut.

Kit rangkaian servo motor nya ber voltage 12 Volt CT.tegangan berasal dari kumparan sekunder dari trapo yang berbentuk bulat.Trimpot nya berukuran 1 K ohm aku test juga takut ikut rusak.

Tak lupa juga resistor yang terbakar diantara nya 1,8k.39 ohm,1,5 k,300 ohm dan zener 6,8 volt pun aku periksa.,tak lupa juga relay 12 volt nya juga aku ukur dengan avometer.

Setelah beberapa saat setelah komponen komponen aku ganti , jreng Alhamdulilah stavolt pun kembali normal.

Sobat jangan lupa untuk memeriksa kabel sambungan dari kabel dengan lilitan,karena biasanya lilitan ini dari bahan alumunium yang terbungkus email.Jadi tidak mungkin di solder,maka ada kemungkinan tidak connect.
Kabel email jenis ini sering sekali ditemukan tidak menyambung alias tidak konek,padahal kalau dilihat dari kasat mata kelihatannya tersambung dengan baik.
Makanya teliti dan ukurlah tiap sambungannya dengan menggunakan avometer.

Hanya segitu pengalaman tentang perbaikan stavolt yang rusak,mudah-mudahan ada manfaatnya ya gan.

Dan kita sebagai teknisi tentu saja di tuntut harus bisa memperbaiki apa saja yang berhubungan dengan elektronika,ya kita belajar bersama-sama saling share pengalaman.

Semoga gambar gambar ini bisa jadi acuan buat sobat sobat semua..selamat bekerja yaa…